Wednesday, February 24, 2016

Gravitasi - Part 1


Source : http://bacaan-menarik.blogspot.co.id

Gravitasi adalah gaya interaksi fundamental yang ada di alam. Gaya fundamental adalah gaya yang menjelaskan segala fenomena-fenomena yang ada di dunia ini. Pada abad ke-17, Newton menemukan bahwa interaksi yang terjadi pada buah apel yang jatuh dari pohonnya dan kemampuan planet mengorbit pada Matahari mempunyai sifat yang sama hal ini adalah awal perkembangan mekanika celestial, yaitu studi dinamika untuk benda-benda dalam ruang angkasa.


Hukum Gravitasi Newton

Menyertai ketiga hukum geraknya (Hukum I, II dan III Newton), pada tahun 1687 Newton mempublikasikan Hukum Gravitasi yang berisi :

“Gaya gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang besarnya berbanding lurus dengan hasil kali massa-massanya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya”

Hukum gravitasi tersebut apabila kita tuliskan secara sistematis adalah


Keterangan

F Gaya gravitasi ( N )
     m1m2 = massa masing-masing benda ( kg )
             r = jarak antara kedua benda ( m )
G = konstanta gravitasi umum ( G = 6,67 x 10-11 N m2/kg2)


Gaya gravitasi selalu bekerja sepanjang garis yang menghubungkan kedua benda dan membentuk pasangan gaya aksi-reaksi. Bahkan, ketika massa-massa benda berbeda, dua gaya interaksinya tetap mempunyai besar yang sama.

F12 = F21



Resultan Gaya Gravitasi


Jika suatu benda dipengaruhi oleh dua buah gaya gravitasi ata lebih, maka resultan gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut dihitung berdasarkan penjumlahan vektor. Untuk dua gaya gravitasi F12 dan F13 yang bekerja pada m1, maka resultan gaya gravitasi pada m1, yaitu F adalah





Source : Supiyanto. 2006. FISIKA 2 UNTUK SMA KELAS XI. Jakarta: PHIβETA.





No comments: